Sunday, March 12, 2017

Review Jurnal Manfaat Implementasi E-Busines

Review Jurnal Manfaat Implementasi Aplikasi 
E-Commerce

  1. Pengenalan E-Busines
Perkembangan teknologi informasi begitu pesat.sebut saja telepo atau telepon seluler dan internet, keberadaannya memberikan pengaruh berbagai aspet kehidupan. Baik secara individu, sosial maupun terkait dengan dunia usaha atau bisnis. Selain mempermudah dan mempercepat proses komunikasi dan informasi, teknologo informasi juga dimanfaatkan dalam kegiatan usaha atau bisnis. Banyak alat komunikasi dan informasi yang digunakan dalam dunia usaha seperti penggunaan telepon, fax, sms email, website dll.
Sehingga munculah istilah “E-Commerce”  E-commerce (Elektronic Commerce) adalah proses transaksi jual beli dengan menggunakan alat elektronik, seperti telepon dan internet.

2.      Manfaat E-Commerce
Adapun yang menjadi manfaat terbesar E-Commerce yaitu dapat meningkatkan omzet penjualan, manfaat berikutnya adalah peningkatan jumblah pelanggan, dan manfaat mendapat pelanggan baru dikemukakan.
Digunakannya E-Commerce memungkinkan perusahaan tersebut mendapatkan pelanggan baru baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar luar negri.
Manfaat berikutnya dalah perluasan jangkauan bisnis serta sarana promosi, terbukanya bisnis baru, kepuasan pelanggan dan yang terahir adalah kemudahan dalam hubungan relasi antara penjual dan pembeli.

3.      Kendaka E-Commerce
Dalam penggunaan E-Commerce pelaku usaha sering menghadapi kendala, kendala-kendala yang sering dihadapi diantaranya adalah masalah sumber daya manusia, jaringan, pemasaran, dan biaya.
Kendala sumber daya manusia dan biaya memiliki presentasi yang tinggi yaitu sekitar 40% dalam artian responden msih memilikihambatan sumber daya manusia dan biaya dalam menerapkan E-Commerce. Hal ini dimungkinkan masih minimya sumber daya manusia yang menguasai teknologi khususnya e-commerce. Selain itu peralatan dan perawatanyang diperlukan dalam penerapan e-commerce juga membutuhkan biaya yang sangat tinggi, sedangkan untuk masalah atau hambatan jaringan karna tidak semua daerah yang dapat jangkauan untuk mengakses jaringan.

4.      Kesimpulan
Sebagai upaya mengembangkan bisnis, banyak hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menerapkannya sistem e-commerce. E-commerce dalam dunia usaha adalah penggunaan teknologi terkini seperti internet dalam memudahkan kegiatan-kegiatan bisnis. Melalui internet pelaku usaha dapat dengan mudah berkomunikasi, dapat mempromosikan produk melalui iklan online juga dapat memperkenalkan perusahaan dan mencari pelanggan baru melalui halamn (website).
Dalam pembahsan motif pelaku usaha dalam menerapkan e-commerce yakni mengakses pasar global, mempromosikan produk, membangun merek, mendekatkan dngan pelanggan, membantu komukiasi lebih cepat dengan pelanggan dan dalam rangka memuaskan pelanggan.

Manfaat yang dirasakan dalam e-commerce yakni meningkatkan omzet penjualan, meningkatkan jumlah pelanggan, sebagai sarana promosi,dan dapat memperluas bisnis. 

Daftar Pustaka
Judul Jurnal: Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
Penerbit: Siti Maryama STIE Ahmad Dahlan Jakarta

0 comments:

Post a Comment