SISTEM INFORMASI PENDATAAN SANTRI BERBASIS ANDROID
MENGGUNAKAN B4A
Mata Kuliah Mobile Progeming
Dusen
Pengampu:
Moh Anshori
Aris Widya S.Kom
Oleh:
M
Ismail Marzuki (4114077)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBAN
DAFTAR ISI
...........
DAFTAR TABEL
...........
DAFTAR GAMBAR
...........
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pondok pesantren merupakan sebuah asrama pendidikan tradisional dimana para santrinya tinggal bersama dibawah bimbingan seseorang atau lebih guru yang lebih dikenal dengan kyai. Dimana pondok pesantren ini lahir ditengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat islam. Didirikannya Pondok pesantren bertujuan untuk memberi pelajaran ilmu agama islam kepada para santrinya supaya bisa menjadi bekal untuk dirinya baik di dunia maupun akherat, tidak sedikit pondok pesantren yang mencoba menyesuaikan diri akan suatu perubahan, namun ada juga pondok pesantren yang menutup diri dari pengaruh perkembangan teknologi saat ini.
Dalam banyak kasus yang terjadi dipesantren, sistem manual yang sudah lama diterapkan sekarang sudah kurang efektif lagi dalam menangani hal-hal proses didalam pesantren, salah satunya adalah menyalin data santri yang masih dilakukan secara manual kedalam komputer. Kegiatan tersebut berlangsung berulang-ulang dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyalin dari kertas formulir pendaftaran ke dalam komputer.
1.2 Rumusan Masalah
Selama ini sistem yang ada pada pondok pesantren asrama
mahasiswa induk masih sangat sederhana, maka sering terjadi masalah-masalah
yang timbul yaitu :
1.
Bagaimanakah merancang sistem informasi pendataan santri bisa
membantu pengolahan data santri menjadi lebih efektif dan lebih efisien ?
2.
Bagaimana sistem ini di gunakan untuk menyampaikan pendataan
melalui perangkat mobile ?
3.
Bagaimanakah implementasi sistem informasi pendataan santri mampu
berjalan dan menunjang pekerjaan menjadi lebih ringan dan maksimal ?
1.3 Batasan Masalah
Dalam memutuskan masalah yang ada dan agar tidak menyimpang
dari pokok pembahsan maka penulisan pembuatan aplikasi ini penulis membatasi
masalah sekaligus mempertajam dalam melakukan pembahasan. Sesuai dengan judul
ini, maka ruang lingkup akan di batasi pada pengelolaan data yang hanya
mencangkup :
1. Akan
di batasi pada pembuatan sistem ini dan tidak membahas perangkat keras yang di
gunakan.
2. Tidak
membahas jaringan yang di gunakan dalam keamanan jaringan.
3. Tidak
membahas tentang sistem pendataan lain
1.4 Tujuan Penelitian
Maksud dari perancangan sistem informasi pendataan santri berbasih
android ini antara lain :
1.
Meminimalisir penggunaan kertas karena pendataan dalam
administrator di lakukan secara manual.
2.
Membuat laporan pendataan lebih efektif
3.
Mempermudah pihak asrama melakuan pendataan santri menjadi
lebih efisien dan efektif.
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat di ambil dari hasil peneitian ini, baik
bagi penulis, instansi maupun pembaca yaitu :
1.
Bagi penulis
Dengan adanya perancangan sistem informasi pendataan santri
dapat menambah kinerja dan wawasan penulis kedepannya.
2.
Staff administrator
Sebagai media pendukung dalam proses pengolahan data santri
yang bisa membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien.
3.
Bagi asrama
Dapat
memberikan referensi pengembangan sistem informasi asrama.
1.6 Metodologi Penelitian
Metodologi
penulisan yang di gunakan dalam penyusuna tugas akhir adalah :
1.
Metode pengumpulan data
a.
Observasi
2.
Metode rekayasa perangkat lunak
Metode rekayas perangat lunak ini kami menggunakan
metode waterfall
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Sistem
Secara
sederhana suatu sistem dapat diartikan sebagai kumpulan atau himpunan dari
unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling
tergantung satu sama lain, dan terpadu (Sutabri, T., 2012).
2.2 Informasi
Menurut Soeherman dan Pinontoan (2008) dalam kutipan Sugianto, dkk (2013) informasi adalah hasil pemprosesan data (fakta) menjadi suatu yang bermakna dan bernilai untuk pengambilan keputusan.
2.3 Sistem Informasi
Menurut
Oetomo, B., S., (2003) dalam kutipan Sugiyanto, dkk, (2013) Sistem Informasi
adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk
satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta
mendistribusikan informasi.
2.4 UML
2.4.1 Use Case Diagram
Menurut Rossa A.S & M. Shalahuddin (2011, H. 130-133) Use case atau diagram use case merupakan pemodelan untuk kelakuan (behavior) sistem informasi yang dibuat. Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem informasi yang akan dibuat. Secara kasar, use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem informasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi itu.
2.4.2 Class Diagram
Menurut Rosa
A.S & M. Shalahuddin (2011, H. 122-124) Diagram kelas atau class diagram
menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan
dibuat untuk membangun sistem. Kelas memiliki apa yang disebut atribut dan
metode atau operasi.
2.4.3 Sequence Diagram
Menurut Rosa
A.S & M. Shalahuddin (2011, H. 137-139) Diagram sekuen menggambarkan
kelakuan objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan
message yang dikirimkan dan diterima antar objek.
Oleh karena itu
untuk menggambarkan diagram sekuen maka harus diketahui objek-objek yang
terlibat dalam sebuah use case beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang
diinstansiasi menjadi objek itu.
Banyaknya
diagram sekuen yang harus digambarkan adalah sebanyak pendefinisian use case
yang memiliki proses sendiri atau yang penting semua use case yang telah
didefinisikan interaksi jalannnya pesan sudah dicakup pada diagram sekuen.
Sehingga semakin banyak use case yang didefinisikan maka diagram sekuen yang
harus dibuat juga semakin banyak. Menurut Utomo, A., P., (2013, h.3) Sequence
diagram digunakan untuk melacak eksekusi dari sebuah skenario use case. Sequence
diagram menggambarkan interaksi dengan menandai setiap partisipan dengan garis
hidup yang berjalan secara vertikal ke bawah halaman dan urutan pesan dengan
membaca ke arah bawah halaman.
2.5 Java
Menurut Shalahuddin dan Rosa
(2010:1) Java adalah nama sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan
perangkat lunak pada komputer yang berdiri sendiri ataupun pada lingkungan
jaringan. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dapat
dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya
terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem
operasi dan bersifat open source. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, java dapat
membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, website dan lainnya, sebagaimana dibuat
dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.
2.6 Android Software Development Kit (SDK)
Menurut Safaat (2012:15),
Android Software Development Kit (SDK) adalah tools API (Application
Programming Interface) yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada
platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Android merupakan bagian
perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan
aplikasi kunci yang di-release oleh Google. Saat ini disediakan Android SDK sebagai
alat bantu dan API untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android
menggunakan bahasa pemrograman Java. Sebagai platform aplikasi yang netral,
Android member kesempatan untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan yang bukan
merupakan aplikasi bawaan telepon genggam.
2.7 Android
Menurut Kasman (2013), android
merupakan sebuah sistem operasi telepon seluler dan komputer tablet layar
sentuh (touchscreen) yang berbasis Linux. Namun seiring berkembangannya android
berubah menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi. Platform
android terdiri dari sistem operasi berbasis Linux, sebuah GUI (Graphic User
Interface), web browser dan aplikasi end-user yang dapat di-download dan juga
para pengembang dapat dengan leluasa berkarya serta menciptakan aplikasi yang
terbaik dan terbuka untuk digunakan oleh berbagai macam perangkat.
2.8 SQlite
SQLite merupakan sebuah Database
yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif
kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public
domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp. SQLite adalah sebuah open source
database yang telah ada cukup lama, cukup stabil, dan sangat terkenal pada
perangkat kecil, termasuk Android. Android menyediakan database relasional yang
ringan untuk setiap aplikasi menggunakan SQLite. Aplikasi dapat mengambil
keuntungan dari itu untuk mengatur relational database engine untuk menyimpan
data secara aman dan efiesien. Untuk Android, SQLite dijadikan satu di dalam
Android runtime, sehingga setiap aplikasi Android dapat membuat basis data
SQLite. Karena SQLite menggunakan antarmuka SQL, cukup mudah untuk digunakan
orang dengan pengalaman lain yang berbasis databases. Terdapat beberapa alasan
mengapa SQLite sangat cocok untuk pengembangan aplikasi Android, yaitu:
Database dengan konfigurasi nol.
Artinya tidak ada konfigurasi database untuk para developer. Ini membuatnya
relatif mudah digunakan. Tidak memiliki server. Tidak ada proses database
SQLite yang berjalan. Pada dasarnya satu set libraries menyediakan
fungsionalitas database. Single-file database. Ini membuat keamanan database
secara langsung. Open source. Hal ini membuat developer mudah dalam
pengembangan aplikasi.
BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
3.1 Analisis Sistem Yang Diusulkan
Proses analisis sistem yang penulis usulkan ini bertujuan untuk memperoleh sistem yang lebih baik dari sebelumnya dengan melakukan analisis sistem yang sudah ada .
Sistem informasi pendataan santri adalah suatu sistem yang di butuhkan oleh administrator karena pada jaman modern ini semuanya serba terkomputerisasi, sehingga dapat memudahkan kinerja admin dalam melakukan pengolahan data.
3.1.1 Kebutuhan Fungsional
Anilisis kebutuhan fungsional di sajikan dalam penelitian
ini untuk memberikan gambaran aliran data yang ada pada perogram aplikasi yang
akan di bangun.
Aktor yang terlibat dalam aplikasi yang akan di buat secara
umum terdiri dari 1 aktor yaitu: admin
3.1.2 Kebutuhan Non Fungsional
Berikut kebutuhan non-fungsional yang akan di penuhi oleh
sistem yang di usulkan ditunjukan pada tabel dibawah ini, diantaranya:
Parameter
|
Keterangan
|
Ketersediaan
|
Informasi
mengenai hal-hal yang berhubungan dengan proses analisis yang di olah dapat
di peroleh dan disajikan kapanpun jika diperlukan oleh user melalui aplikasi
sistem.
|
Keandalan
|
Informasi yang
dihasilkan oleh aplikasi sistem akurat, benar dan dapat dipercaya oleh user.
|
Pengguna
|
Aplikasi sistem
dapat dengan mudah digunakan dan dipahami oleh user.
|
Keamanan
|
Informasi
mengenai hal-hal yang berhubungan data yang diolah dapat tersimpan dengan
aman pada database sistem.
|
3.1.3 Desain Sistem Yng Diusulkan
Template ini dibuat dengan asumsi pemodelan berorientasi
objeck maka dari itu komponen yang ada adalah Use Case, Activity dan Class Diagram.
A
Pemodelan Use Case
A.1
Use Case Admin
|
Gambar
3.1 Use Case
Tabel
3.1 Keterangan Use Case
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Admin melakukan Instalasi APK
|
2.
|
Admin dapat mengapdate data- data
yang ada
|
3.
|
Admin dapat melakukan tambah data
|
4.
|
Admin dapat menghapus data
|
5.
|
Admin dapat menyimpan data baru
|
B
Activity Diagram
Diagram kedua adalah Activity
atau Robustness Diagram. Pemilihan
diagram tergantung preferensi penulis atau sesuai arahan dosen pembimbing. Pada
bagian ini juga perlu dipastikan bahwa untuk setiap use case perlu dibuat satu activity
diagram.
B.1
Activity Diagram
Admin dan Sistem
|
Gambar 3.3 Activity Diagram
Tabel 3.3 Keterangan
Activity Diagram
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Admin masuk sistem dan santri
menyerahkan data biodata kepada admin
|
2.
|
Admin menyimpan data biodata
santri.
|
3.
|
Admin melakukan penyimpanan data santri
|
4.
|
Admin memasukan data santr
|
5.
|
Admin dapat mencetak data santri
|
C
Class Diagram
|
Gambar 3.7 Class Diagram
BAB IV
IMPLEMENTASI
4.1. Implementasi Basis Data
|
Gambar 4.1 Tabel Database Santri
4.2 Implementasi Interface
4.2.1 Halaman Menu
![]() |
4.2.2 Halaman Tambah Data Santri
Gambar 4.3 Tambah Data Santri
4.2.3 Halaman Cari
Gambar 4.4 Halaman Cari
4.2.4 Halaman Lish
Gambar 4.5 Halaman Daftar List Santri
4.2.5 Halaman Tentang
Gambar 4.6 Halaman Tentang
4.2.6 Halaman Keluar
Gambar 4.7 Halaman Keluar Aplikasi
4.3 Codding
Next Time...
untuk tampilan flowchart ??
ReplyDelete